CSE

Loading

Selasa, 07 Januari 2014

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR



Anak yang sehat adalah anak yang akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang normal dan wajar yaitu, sesuai standar pertumbuhan fisik pada umumnya dan memiliki kemampuan sesuai standar kemampuan anak seusianya. Anak yang sehat adalah anak yang mampu belajar dengan baik (Santoso, 2004).
Kurang gizi menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan fisik maupun mental, mengurangi tingkat kecerdasan, kreatifitas dan produktifitas penduduk. Timbulnya krisis ekonomi yang berkepanjangan telah menyebabkan penurunan kegiatan produksi yang drastis akibatnya lapangan kerja berkurang dan perkapita turun. Hal ini jelas berdampak terhadap status gizi dan kesehatan masyarakat karena tidak terpenuhinya kecukupan komsumsi makanan dan timbulnya berbagai menular akibat lingkungan hidup yang tidak sehat (Zulfayeni,2008).
Prevalensi kurang gizi kronis atau tinggi badan anak pendek menurut umur yang tinggal di NAD yaitu sebesar 38,1%, ini berhubungan erat dengan masalah yang bersifat kronis seperti kemiskinan, pengetahuan dan perilaku tentang gizi yang rendah, kondisi sanitasi yang kurang serta ketahanan pangan yang masih rendah. baca selengkapnya download disini ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar